Tips menulis judul berita


Tips Menulis Judul Berita

Sebagai jurnalis, skill atau kemampuan itu sangat diperlukan. Salah satu skill mendasar yang perlu sekali dimiliki adalah kemampuan atau keahlian menulis. Terutama menulis berita, sebagai aplikasi dari kerja seoang jurnalis. Bukan hanya di media cetak, televisi, radio, dan online internet kemampuan menulis seorang jurnalis harus dikedepankan.

Kemampuan jurnalis media cetak
sudah barang tentu skill menulislah yang paling diandalkan. Sebab, dari hasil tulisanynyalah dia mengidentitaskan dirinya sebagai wartawan atau jurnalis. Tetapi bukan berarti di media lain tidak. Di televisi maupun radio, para wartawan harus mampu membuat tulisan atau berita dalam bentuk skrip. Skrip iinilah yang nantinya akan dibacakan oleh narator, news anchor, maupun penyiar radio.

Selain itu, di media online keahlian menulis pun dapat berpengaruh. Dengan mampunya kita para jurnalis online membuat tulisan yang bagus dan menarik, maka para pengunjung akan menarik pula untuk membaca tulisan yang kita buat.

Dalam membuat tulisan khususnya berita, bagi pemula pasti mengalami hambatan. Salah satunya dalam membuat judul berita atau tulisan. Ini sangat umum terjadi. Dan seperti menjadi proses alamiah yang akan dilalui dalam tahap belajar. Berikut tips membuat judul berita:
  • Judul harus menggambarkan isi
  • Judul harus menarik minat (pembaca, penonton, pendengar, pengunjung)
  • Judul berita ada baiknya tidak melebihi 7 kata, seringkas mungkin
  • Judul berita harus memuat SUBJEK dan PREDIKAT
  • Untuk di media online, judul berita tidak melebihi batas kolom/ space yang disediakan di tampilan web (dalam 1 baris). Jangan sampai judul berita terpotong karena terlalu panjang
  • Di media online juga, judul hanya menggunakan huruf kapital di awal kata
Bagi pemula, tips ini akan sangt bermanfaat. Dapat dijadikan pedoman ketika mengalami kesulitan dalam membuat judul. Semoga bemanfaat!(Ana)

Related Post



Romeltea mengatakan...

Bagus sekali tipsnya, sumbernya dari mana ya, asa apal kata-katanta....^_^

Posting Komentar

footer

Pages

Sponsers