Mengenal SEO


Mengenal SEO (Search Engine Optimization)


SEO (Search Engine Optimization) atau optimasi mesin pencari menurut wikipedia adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesinpencari menuju situs web tertentu.

Istilah SEO menurut Danny Sullivan,
pemimpin redaksi Search Engine Land digunakan pada 26 Juli 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet (Asep Syamsul M.Romli, 2012 : 97). Tujuan SEO adalah menempatkan sebuah situs pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan.

Adanya SEO ini akan membantu para pengguna web agar isi web nya bisa menempati posisi paling atas ketika dilakukan proses searching oleh pengunjung di mesin pencari. Hal ini didasarkan pada prinsip kerja PageRank, halaman web yang memperoleh peringkat tinggi adalah web yang banyak di-link oleh halaman web lain. Nilai inijuga akan semakin tinggi apabila halaman web yang mengarahj kepadanya juga memiliki kualitas yang tinggi.
Mesin pencari yang sudah terbilang besar seperti Yahoo! Dan Google. Dengan mengenal SEO atau teknik SEO akan memberikan banyak manfaat diantaranya:
  • Para pemilik web di internet dapat mengolah dan mengatur web mereka sedemikian rupa agar posisi teratas ketika dicari di mesin pencari
  • Secara otomatis pula, ini akan membawa web yang berada di posisi teratas menjadi web yang banyak dikunjungi
  • Dengan banyaknya pengunjung, maka rating web akan naik
  • Jika rating naik, maka secara tidak langsung isi web kita diakui dan bermanfaat bagi para pengunjung (dengan banyak di unduh maupun di share via facebook maupun tweeter)
Meta tags

Untuk memudahkan blog atau sebsite kita mudah dikenali dan ditemukan, maka identitas web atau blog harus jelas. Ini bisa disetting melalui meta tags atau tanda kenal. Cara mengisi meta tags untuk blog, bisa mengikuti prosedur sebagai berikut: 

  • Buka rangkingtoday.com> SEO Check > Site Optimazition > meta tag generator

Isi serangkaian kolom yang kosong sebagai berikut:


  • Klik generate meta tag jika semua kolom sudah selesai diisi,  maka kita akan memperoleh hasil sebagai berikut:


-           


  •  Buka blog milik kita di tab baru
  • Masuk ke dashboard blog > template > edit HTML
  • Cari bagian kode HTML yang bertuliskan Meta tag
  • Masukan kode HTML yang didapat dari hasil meta tag kedalam masing-masing baris kode, seperti description pada meta description dan seterusnya sesuai pada hasil kode HTML yang di dapat di poin 3.
  • Save template > lihat apakah ada perubahan di bagian nama blog (tulisan yang muncul di kolom berwana kuning) seperti berikut:
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat! (Ana)

Related Post



Posting Komentar

footer

Pages

Sponsers